LIB Gandeng La Liga Demi Kembangkan Kualitas Sepak Bola Nasional

acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerja sama antara Liga Indonesia Baru (LIB) dan LaLiga di Jakarta (16/1). (Istimewa)

Jakarta: PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 menggandeng La Liga Spanyol untuk menjalin kerja sama pengembangan kualitas sepakbola nasional.

Kerja sama tersebut berupa pengelolaan sistem kompetisi yang tepat dan profesional. La Liga akan memberikan pengetehuan mulai dari peningkatan manajemen keuangan, masalah keorganisasian, hingga pelatihan agar LIB bisa membuat klub Indonesia dapat berkembang.

Bukan hanya itu, bentuk kerja sama lainnya antara LIB dan La Liga adalah pengembangan perwasitan yang ada di Tanah Air. Kedua belah pihak berkomitmen memberantas praktik kotor yang ada di persepakbolaan nasional yang mencuat belakangan ini.

“Saya ingin mengerti dan memahami apa masalah yang dialami di sepakbola Indonesia. Kami ingin membantu dan memberikan masukan kepada mereka [PT LIB],” kata managing direktur La Liga untuk kawasan Asia Ivan Codonia di Jakarta, Rabu (16/1).

La Liga dan PT LIB menjalin kesepakatan selama tiga tahun. Diharapkan kerja sama tersebut membuat kualitas kompetisi nasional jadi lebih baik lagi dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Ini tahap pertama yang kami lakukan, karena PT LIB akan mencoba masuk ke dalam dunia sepakbola internasional. Selain itu kami ingin memperkenalkan kompetisi Indonesia di mata dunia,” kata CEO PT LIB Risha Adi Wijaya.

(REN)