Jalan Panjang Ikhfanul Alam Sebelum Gabung Arema

Malang: Mimpi Ikhfanul Alam untuk bergabung dengan skuat Arema FC kini terwujud. Pasalnya, manajemen tim Singo Edan resmi mengontrak pemain 26 tahun itu untuk musim 2019 dengan durasi satu tahun.

Bergabung dengan Arema merupakan sebuah kebanggan bagi Alam, sapaan akrabnya. Sebab, cita-citanya masuk tim senior Arema terwujud setelah dia sebelumnya bergabung dengan Akademi Arema saat masih 17 tahun.

Jalan yang ditempuh untuk bergabung ke Arema butuh waktu belasan tahun. Alam harus bergabung dengan sejumlah klub sebelum bisa menjadi skuat Arema. Mulai dari Persikoba, Persekam Metro FC, PON Jatim, dan lain-lain.

“Setelah gabung tim PON Jatim saya kemudian memutuskan jadi anggota polisi dan tinggalkan sepak bola dulu,” kata Alam.

Baca: Arema Resmi Kontrak Tiga Pemain Lokal

Setelah resmi berseragam polisi, keinginan dari hati kecil Alam untuk menjadi pemain Arema timbul kembali. Dari situ pemain asal Malang ini kemudian mencoba ikut seleksi PS Polri untuk mulai membuka jalan.

“Ikut seleksi PS Polri dan masuk. Dari situ keyakinan timbul lagi. Setalah pindah-pindah klub, Alhamdulillah cita-cita itu nyata, sekarang saya ada di Arema. Bukan hanya cita-cita yang ada di kata-kata, tapi harus ada pembuktian,” sambungnya.

Sebagai informasi, Alam hingga saat ini masih tergabung dalam satuan Korps Brimob Polri. Hanya saja, dia telah mendapatkan Dispensasi Prestasi untuk dapat merumput bersama Arema.

“Korps Brimob Polri nya tidak ada masalah. Mulai dari komandan kesatuan dari bawah sampai Kakorps Brimob pun mendukung. Bahkan sekarang ada surat perizinan dari Kapolri,” tutur Alam.

Di sisi lain, setelah bergabung dengan Arema, Alam tidak menganggap Aremania (julukan suporter Arema FC) sebagai tekanan baginya. Sebab, sebelumnya dia juga pernah menjadi Aremania dan mendukung Arema dari tribun.

“Sebelum jadi pemain Arema, dulunya saya juga pernah di tribun, saya juga pernah mendukung. Saat di tribun saya juga pengen rasanya ada di lapangan. Suporter itu jadi motivasi saya juga,” pungkasnya.

Arema FC resmi meneken kontrak tiga pemain lokal baru untuk masuk skuat musim 2019. Ketiganya yakni, Sandy Firmansyah (penjaga gawang), Ikhfanul Alam (pemain bertahan), dan Rachmat Latief (pemain bertahan).

Rencananya, Sandy Firmansyah bakal menggantikan posisi Srdan Ostojic. Sedangkan, Ikhfanul Alam dan Rachmat Latief bakal menggantikan posisi Purwaka Yudi, Israel Wamiau dan Bagas Adi Nugroho.

Video: Ivan Kolev Pantau Latihan Persija

(ASM)