Menhub akan kaji kembali uji tipe mobil Esemka

Jakarta (ANTARA) – Menteri Perhubungan akan mengkaji kembali mobil Esemka, terutama untuk uji tipe mobil yang akan kembali diproduksi dalam waktu dekat ini.

“Uji tipe banyak dengan pihak-pihak nanti akan saya lakukan,” kata Budi usai Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 Edisi 4 Tahun Kerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dengan tema “Penguatan Indonesia Sentris” di Auditorium Gedung 3 Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu. 

Terlebih,  Esemka juga ikut mendaftarkan mobil listrik yang mereka punya ke Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) dikelola Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

“Tapi pada dasarnya semangat bagi industri-industri di Indonesia banyak. Khususnya mobil listrik, kami jujur saking banyaknya kewalahan,” katanya. 

Budi mengatakan pihaknya akan meninjau kembali karena mobil Esemka adalah karya anak bangsa yang harus didukung.

“Saya akan tinjau Esemka ini karena ada karya anak bangsa. Memang ada syarat-syarat dipenuhi, saya memang mendukung itu,” katanya.

Setelah kemunculannya pada Mei 2009 yang diciptakan oleh siswa SMK 1 Singosari pada 2009, mobil karya anak bangsa ini kembali akan diproduksi akhir 2018 ini.

Mobil Esemka sempat ditetapkan oleh Joko Widodo yang saat itu masih menjabat sebagai Wali Kota Solo menjadi mobil dinas wali kota  dan wakil wali kota Solo. 

Pada awal tahun ini, Esemka kembali muncul dengan model SUV Esemka yang sepintas mirip mobil China Foday Landfort. 

Mobil Esemka kembali ingin mendapatkan pengakuan dengan mendaftarkan mobil listrik ke Kemenperin.

Baca juga: Presiden Jokowi: Esemka dikerjakan industri, tidak ada urusan pemerintah

Pewarta:
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018